Selasa, 03 Juni 2008

Email dari Mba Sofia Kartika tentang Bloggers for Bangsari

Pada 3 Juni 2008 12:03, Sofia Kartika (sofia.kartika@gmail.com menulis:

Dear Pak

Saya berencana menulis panjang soal blog dan MDG's, saya butuh informasi mengenai bangsari, sebenarnya saya juga membutuhkan informasi stop aksi kelaparan, tapi saya tidak memiliki kontaknya, apakah bapak memiliki?
Untuk kepentingan penulisan tersebut, saya ada beberapa pertanyaan, soal blogger for bangsari:

  1. Pertanyaan klasik, bagaimana perkembangannya sekarang? apakah cara yang dilakukan di bangsari ini akan dikembangkan di tempat yang lain?
  2. Apa untungnya program bangsari yang disosialisasikan melalui blog ?
  3. Dan mengapa isu pendidikan menjadi penting dipilih?
Mungkin itu dulu pak, saya minta alamat FAQ nya bangsari di blog yang mana yah?, saya kehilangan alamatnya.

Terima kasih sebelumnya

Salam
Sofie

Jawaban saya
Mba Sofie,
Terima kasih atas apresiasinya terhadap kambing bangsari.

Mengenai Stop kelaparan, saya rasa akan lebih tepat jika mba sofie menghubungi mba Chika, yang setahu saya adalah salah satu penggagasnya.

sekarang mengenai pertanyaan mba sofie

pertanyaan pertama: bagaimana perkembangannya sekarang? apakah cara yang dilakukan di bangsari ini akan dikembangkan di tempat yang lain?

Sejauh ini, kami sudah berhasil mengumpulkan sebanyak Rp 20.625.000, - yang sudah kami salurkan menjadi sejumlah 28 kambing. Ada juga kami terima bantuan dalam bentuk kambing sebanyak 15 ekor dari salah satu donatur. sehingga sekarang total kambingnya ada 43 ekor. Menurut info dari bapak saya yang memantau langsung di lapangan, beberapa kambing indukan sudah beranak, namun jumlahnya belum saya konfirmasi sejauh ini. Setiap perkembangan, saya update di sini. Namun beberapa bulan belakangan saya belum sempat mudik, sehingga informasi terbaru belum sempat saya update. mohon maklumnya.

Sisa saldo sejauh ini Rp 3.520.000,- yang oleh dewan guru MTs tersebut akan digunakan pada awal tahun ajaran ini. Sejauh ini panitia di Jakarta memutuskan untuk menghentikan pengumpulan dana (meskipun di tingkat lapanan masih membutuhkan) dengan alasan:
  1. supaya penyaluran dana yang terkumpul bisa tersalurkan dengan baik.

  2. untuk melihat perkembangan program ini di lapangan.

  3. untuk menghindari kesan "mencari uang".

  4. jika dirasa perlu, mungkin akan dibuka kembali penggalangan dana untuk itu.

Mengenai apakah cara yang dilakukan di bangsari ini akan dikembangkan di tempat yang lain, sejauh ini belum. Saya dan teman teman sesama blogger sudah pernah mencoba menjajagi kemungkinan di tempat lain. Teman teman di Jawa timur pernah mencoba hal ini. Hanya saja, sejauh ini kami belum menemukan orang yang bersedia mengurusi hal ini di tempat lain.

pertanyaan kedua: Apa Untungnya program bangsari yang disosialisasikan melalui blog?

Keuntungan sosialisasi melalui blog yang kami rasa:
  1. sarana yang mudah, murah dan efektif

  2. jejaring ranah blog yang kuat

  3. pengguna internet adalah kalangan yang mapan secara ekonomi, jadi kemungkinan lebih tepat sasaran

  4. jangka waktunya tak terbatas, sehingga diharapkan tercapai dua hal: penggalangan solidaritas akan terus bisa digalang dan yang kedua bisa menginspirasi orang lain untuk melakukan yang kurang lebih sama di tempat lain

pertanyaan ketiga: mengapa isu pendidikan menjadi penting dipilih?

Ya karena kebetulan saya berasal dari kampung bangsari itu. saya melihat, kemiskinan dan kebodohan adalah yang sangat sulit di berantas. Banyak masalah sosial berawal dari kemiskinan. Satu-satunya cara, menurut saya dalam mengatasi masalah bangsari ya dengan pendidikan. Masalahnya, menyekolahkan anak menurut orang miskin di kampung saya itu adalah kerugian dalam 2 hal sekaligus:
  1. sekolah hanya menghabiskan biaya

  2. jika tak sekolah, si anak bisa membantu orang tua mencari nafkah

sehingga pemberian kambing diharapkan bisa mengatasi 2 hal:
  1. si anak bisa tetap sekolah

  2. si anak juga menghasilkan uang selama sekolah dengan memelihara kambing. Kambing juga sering jadi aset keluarga

Sekian dulu jawaban dari saya, jika ada yang kurang jelas, silahkan kontak saya di 081578820013. Atau silahkan datang ke bunderan HI setiap jumat malam sekitar jam 21:00. Atau jika dirasa jadwalnya kurang tepat, silahkan kontak saya untuk bertemu di waktu dan tempat yang lain.

terima kasih...

7 komentar:

Anonim mengatakan...

keren. jawabannya formal sekali haha.

Anonim mengatakan...

jawaban seorang birokrat...

Anonim mengatakan...

mBirokrat tenan.... :)

Anonim mengatakan...

lho... diposting, pak? jadi pengen ketawa, bahasa saya formal ya...saya hendak berterima kasih dan rencananya hasil tulisan panjang tentang blog dan MDGs (yang salah satunya adalah blogger for bangsari) itu akan dipresentasikan pada sebuah pertemuan internasional mengenai kontribusi media mendukung MDGs:)

Terima kasih

o iya, jika ada foto yang bisa dipamerkan, saya mau lho dikirimi:)

Anonim mengatakan...

ayo mari kita galang kembali..
peduli lage ama org lain..

majukan BANGSARIIIIIII...

:D

Bangsari mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Anonim mengatakan...

daerah lain juga, kalau bisa lebih keren!